Rambu Jalan

Jual Rambu Jalan Murah|Lampulalulintasindo

Rambu Jalan

 

  1. Fungsi

Rambu lalu lintas merupakan bagian dari perlengkapan jalan berupa lambang, huruf, angka atau perpaduanya yang berfungsi sebagai peringatan, larangan, perintah atau petunjuk bagi pengguna jalan.

  1. Bahan Dan Ukuran Rambu jalan

Mengacu dari standarisasi kementerian perhubungan. ada beberapa  macam bahan dasar yang bisa digunakan untuk rambu-rambu jalan. Diantaranya

  1. Plat aluminium memiliki ketebalan minimal 1,5mm dan 1,8mm
  2. Bahan logam atau galvanis yang bersifat anti karat termasuk bagian berlubang untuk baut. Memiliki ketebalan 0,8mm.
  3. Aluminium composit panel atau ACP dengan ketebalan 3,0mm
  4. Rambu Pendahulu Petunjuk Jurusan (RPPJ) adalah rambu lalulintas yang dipersiapkan untuk memberikan petunjuk atau keterangan kepada pengemudi atau prngguna jalan lainnya, tentang arah yang harus ditempuh atau letak kota yang akan dituju, rambu RPPJ dibuat lengkap dengan nama dan arah letak itu berada. merupakan salah satu jenis rambu yang memiliki lebih detail dalam memberikan informasi bagi pengguna jalan.

Ukuran RPPJ sangat berfariasi tergantung fungsi, manfaat dan tujuan dilokasi pemasangan.

  1. Jenis stiker dan kegunaanya.
  2. Engineer grade (EG) atau scotlight biasanya dipasang sebagai dasar atau tulisan dan gambar pada rambu jalan dan RPPJ, stiker ini memiliki daya pantul sinar yang sdikit lebih rendah jika dibandingkan diantara stiker yang sudah memiliki standarisasi dari dinas perhubungan.
  3. Engineer grade prismatic (EGP) adalah stiker scotchlite yang memiliki tampilan jaring-jaring atau sarang lebah yang digunakan untuk pembuatan rambu lalu lintas. Stiker 3M EGP 3430 ini sudah memenuhi standar Tipe 1 dan memiliki daya pantul yang lebih tinggi  dibandingkan stiker reflektif biasa.
  4. High Intensity Prismatic (HIP) adalah stiker reflektif dengan standar American Society for Testing and Material (ASTM). Tipe 4 yang telah lolos persyaratan DISHUB Indonesia. Stiker ini umumnya digunakan dalam pembuatan rambu lalu lintas sepanjang jalan tol maupun jalur vital lainnya dan memiliki daya pantul sinar yang paling tinggi.